Capaian Prestasi Bhakti Kencana University Tahun 2022/2023 

Bhakti Kencana University (BKU) merupakan perguruan tinggi yang diresmikan pada tahun 2019. BKU terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Program Studi terakreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) . Selain itu BKU telah tersertifikasi ISO 21001:2018 untuk Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan. 

BKU memiliki 4 Fakultas dan tersebar di 7 PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama) yang terdiri dari Fakultas Keperawatan, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan memiliki 23 Program Studi,  diantaranya 1 Program Studi Magister, 4 Program Studi Profesi, 7 Program Studi Sarjana, 1 Program Studi Diploma Empat dan 10 Program Studi Diploma Tiga. Sebanyak 14 Program Studi berhasil mendapatkan predikat “Baik Sekali” dan 9 program studi lainnya mendapatkan predikat “Baik”.

Pada Tahun Ajaran 2022/2023 BKU memiliki total mahasiswa sebanyak 4.323 Mahasiswa yang terdiri dari 1.157 Mahasiswa Diploma, 2.115 Mahasiswa Sarjana, 396 Mahasiswa Sarjana Terapan, 614 Mahasiswa Profesi, dan 41 Mahasiswa Magister. Lebih dari 80% lulusan BKU berhasil mendapatkan pekerjaan kurang dari 3 Bulan.

Selain itu BKU juga didukung oleh tenaga pengajar sebanyak 207 dosen yang terdiri dari  83 asisten ahli, 63 lektor, dan 3 lektor kepala. Sebanyak 70 dosen BKU sudah memiliki sertifikasi dosen nasional. Adapun prestasi yang berhasil diraih oleh dosen BKU adalah sebanyak 112 prestasi baik tingkat Nasional maupun Internasional.

BKU berhasil meraih prestasi internasional yaitu 3 penghargaan International Pharmaceutical Students Federation dan Hybrid Summer Program Cultural-Based Nursing Care. Sementara di tingkat nasional, BKU berhasil meraih prestasi sebanyak  40 prestasi, dan pada tingkat wilayah BKU berhasil meraih 12 prestasi.

Dalam proses pembelajarannya BKU menerapkan kurikulum Outcome-Based Education (OBE), dan menerapkan metode Massive Open Online Course (MOOC) yang melibatkan mahasiswa dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), InterProfessional Education (IPE), Kewirausahaan, Teknologi Informasi, Pancasila dan Kewarganegaraan

Mahasiswa BKU juga aktif dalam mengikuti program MBKM LLDIKTI Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan mengikuti program Magang/Praktek Kerja, Kegiatan Wirausaha, Asisten Mengajar di Satuan Pendidikan, Membangun Desa/KKN Tematik, dan Penelitian/Riset.

Selain itu sebagai bukti kontribusinya pada bidang penelitian, BKU berhasil meraih peringkat 323 SINTA, memiliki 295 penelitian, 235 pengabdian kepada masyarakat, 147 publikasi jurnal penelitian nasional terakreditasi, 114 publikasi seminar internasional, 499 publikasi media massa, 51 publikasi seminar nasional, 85 publikasi jurnal penelitian internasional dan 1.439 jumlah artikel karya ilmiah dosen yang disitasi.

Selain itu untuk mengembangkan kualitas, BKU juga menjalin kerjasama dengan beberapa stakeholder dengan bukti kerjasama sebanyak 147 Memorandum of Understanding (MoU), 201 Memorandum of Agreement (MoA), 447 Implementation Arrangement (IA), 477 Hak Cipta, 5 Paten, 3 Merek, 5 Produk Unggulan Bhakti Kencana University yang terhilirisasi.

BKU terus berupaya menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran dan pelayanannya guna menjadi wadah bagi para mahasiswa dan tenaga pengajarnya untuk tumbuh dan berkembang agar dapat semakin unggul dan memiliki daya saing.

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *