Parade Kewirausahaan Massive Open Online Courses (MOOCs)Mata Kuliah Kewirausahaan MBKM Bhakti Kencana University

Bandung, 24 Agustus 2022 – Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Bhakti Kencana kembali meramaikan khasanah insan cendekia Universitas Bhakti Kencana. Setelah diadakannya MBKM KKN Tematik, kali ini MBKM BKU mengadakan Massive Open Online Courses atau yang disingkat MOOCs untuk mata kuliah Kewirausahaan bagi mahasiswa Universitas Bhakti Kencana.

MOOCs Matakuliah Kewirausahaan ini bekerja sama dengan The Local Enablers sebagai mitra kegiatan Kewirausahaan untuk mendukung dan memberikan ilmu nya kepada 659 mahasiswa yang terbagi dalam 60 kelompok dari Fakultas Farmasi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, PSDKU Garut, PSDKU Subang, PSDKU Tasikmalaya, PSDKU Serang, PSDKU Jakarta, PSDKU Mataram, dan PSDKU Kendal.

Mengusung tema “Kewirausahaan Sebagai Wadah Kreasi dan Inovasi” serta tagline “Let’s Become A Zillenial Entrepreneur”, kegiatan MOOCs Matakuliah Kewirausahaan ini sangatlah ditunggu-tunggu. Acara puncak dari MOOCs Matakuliah Kewirausahaan ini yaitu Parade Kewirausahaan dimana kelompok mahasiswa yang menjadi 10 finalis mempresentasikan bisnis yang sudah mereka buat melalui “3 minutes Pitch Deck Session”. Kegiatan Parade Kewirausahaan MOOCS KWU-BKU ini diselenggarakan secara tatap maya menggunakan platform zoom meeting.

Dihadiri oleh Wakil Rektor IV, Dekan setiap Fakultas, beserta dosen program studi, kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Wakil Rektor 3, Ibu Sri Mulyati Rahayu, S. Kep.,M. Kes. Dalam sambutannya beliau menuturkan sangat bangga terhadap mahasiswa yang mengikuti MOOCs KWU-BKU yang merupakan pengalaman baru bagi mahasiswa karena dalam MOOCs ini mahasiswa dibimbing oleh fasilitator yang berkompeten di bidang kewirausahaan untuk menjadi wirausahawan muda. Lebih lanjut, beliau berharap dalam kegiatan ini dapat melahirkan pengusaha muda dari Universitas Bhakti Kencana.

Kegiatan Parade ini dilanjutkan dengan pemaparan singkat selama 3 menit oleh 10 besar finalis bisnis MOOCs Kewirausahaan yang telah terpilih dan disaring oleh panitia MOOCs Kewirausahaan. 10 Kelompok Finalis Bisnis ini sangat antusias dalam memaparkan 3 minutes pitch deck bisnis yang sudah mereka buat. Hal ini pun mengundang antusiasme para dewan juri dan partisipan yang hadir. 10 besar Finalis Bisnis MOOCs Kewirausahaan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kelompok 53, nama produk: Chizi 22 dari Prodi Kesehatan Masyarakat (S1)
  2. Kelompok 9, nama produk: POC BPOM/Pupuk Organik Cair BPOM dari Prodi Farmasi (S1)
  3. Kelompok 7, nama produk: Lowrie Cookies dari Prodi Farmasi (S1)
  4. Kelompok 6, nama produk: The Crisps “Crisps Healthy Snack” dari Prodi Farmasi (S1)
  5. Kelompok 38, nama produk: Bis-GERDMood dari Prodi Farmasi (D3)
  6. Kelompok 45, nama produk: Cheese Roll dari Prodi Kebidanan (Kampus Kabupaten Subang) (D3)
  7. Kelompok 17, nama produk: Study Cafe dari Prodi Keperawatan (S1)
  8. Kelompok 15, nama produk: Candy Blood Boost dari Prodi Keperawatan (S1)
  9. Kelompok 26, nama produk: DR. AYAM GEPREK., SP PL dari Prodi Keperawatan (Kampus Kabupaten Garut) (D3)
  10. Kelompok 28, nama produk: Souvenir Shop dari Prodi Keperawatan (Kampus Kabupaten Garut) (D3)
Salah satu finalis dengan produk Bis-GERDMood memaparkan usaha.bisnisnya melalui kegiatan “3 Minutes Pitch Deck” dalam Parade Kewirausahaan

Setelah sesi pemaparan selama tiga menit, finalis diberikan pertanyaan dari dewan juri yang dibacakan oleh MC yaitu Ibu Vivop Marti Lengga, S.Kep., Ners., M.Kep., dan Ibu Ns. Heni Aguspita Dewi, S.Kep., M.Kep., secara bergantian. “Bisa mengenali pelanggan dengan baik, melakukan promosi dengan tepat, membangun tempat usaha strategis dengan anggaran sistematis, menjalin hubungan baik dengan pelanggan, memiliki media sosial dan berkolaborasi dengan influencer” tutur finalis kelompok 6 menjawab pertanyaan dewan juri.

Kegiatan MOOCs Kewirausahaan ini ditutup dengan pengumuman juara oleh dewan juri yakni Wakil Rektor III Bidang Kerjasama, Pemasaran, KI, Inovasi, dan Bisnis, Ibu Sri Mulyati Rahayu, S.Kep.,M.Kes; Dekan Fakultas Ilmu Sosial yaitu Bapak Nur Rakhmanto Heryana S. Psi., M. Psi., Psikolog; Program Director The Local Enablers, Kak Fauzy Akmal, M.I.Kom serta Ketua MBKM MOOCs Kewirausahaan, Ibu Linda Widyastuti, S.Psi,.M.Psi,.Psikolog. Dewan juri diwakili oleh ibu Sri Mulyati Rahayu, S.Kep.,M.Kes., menyampaikan bahwa finalis sudah mengerjakan tugas melebihi target, membuat proposal yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan pasar dengan rancangan anggaran yang baik.

Dewan Juri Parade Kewirausahaan, MOOCs Kewirausahaan Universitas Bhakti Kencana

Dewan juri pun berharap bahwa kegiatan ini menjadi awal untuk membangkitkan perekonomian di Indonesia dimana mahasiswa BKU turut membantu meningkatkan perekonomian di Indonesia. Finalis yang menjadi juara dalam kegaitan Parade Kewirausahaan ini yaitu Juara 1 diraih oleh Kelompok 9 POC BPOM/Pupuk Organik Cair BPOM dari Prodi Farmasi (S1), Juara 2 diraih oleh Kelompok 17 Study Cafe dari Prodi Keperawatan (S1), Juara 3 diraih oleh Kelompok 38 Bis-GERDMood dari Prodi Farmasi (D3), dan Juara Favorit diraih oleh Kelompok 7 Lowrie Cookies dari Prodi Farmasi (S1). Penjelasan dewan juri yang diwakili oleh Ibu Sri Mulyati Rahayu, S.Kep.,M.Kes., merupakan penutup dalam rangkaian MOOCs Mata kuliah Kewirausahan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Bhakti Kencana.*** (Tim MBKM MOOCs Kewirausahaan – Asriadi Prihandika Widianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *