Pengabdian Masyarakat Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bhakti Kencana

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh seorang Dosen. Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan aktivitas dosen yang bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya. Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bhakti Kencana melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Melakukan Posyandu Remaja, terutama remaja yang putus sekolah untuk mendapatkan layanan kesehatan. Posyandu remaja merupakan kegiatan yang menunjang program pemerintah agar tingkat partisipasi remaja dalam berkontribusi di masyarakat dapat meningkat dan remaja bisa mengembangkan minat dan bakatnya.

Kegiatan Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan upaya kesehatan berbasis masyarakat, khususnya remaja yang membantu memantau kesehatan remaja dengan melibatkan remaja itu sendiri. Tak hanya itu, posyandu remaja juga merupakan tempat untuk pemberian informasi kesehatan maupun informasi penting lainnya kepada remaja secara rutin setiap bulannya.

Posyandu Remaja juga memberikan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja, gizi, pedoman hidup sehat (PKHS), Penyakit Tidak Menular (PTM), masalah kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan NAPZA bagi remaja, serta menciptakan wadah bagi generasi muda di masing-masing kelurahan sebagai wadah pembinaan dan memahami pentingnya gaya hidup sehat. Tujuan pelaksanaan kegiatan Posyandu remaja adalah melibatkan remaja dalam upaya intervensi terkait permasalahan remaja, memantau kesehatan remaja secara berkala, mengedukasi remaja untuk hidup sehat, menurunkan angka pernikahan dini, dan membekali remaja untuk mempersiapkan masa depannya dengan menjadi Generasi Berencana yang kreatif dan berwawasan luas.

Dosen Pelaksana Pengabdian Masyarakat

Desa binaan Fakultas Ilmu Kesehatan salah satunya Desa Narawita yang ada di Kecamatan Cicalengka Wilayah Puskesmas Sawah Lega. Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan mempunyai kesempatan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam pembentukan posyandu remaja. Kegiatan ini diawali dengan pembentukan Kader Posyandu Remaja yang dilaksanakan di Puskesmas Sawah Lega yang dihadiri peserta dari remaja di Desa Wilayah Puskesmas Sawah Lega. Pelaksanaan Posyandu Remaja di Desa Narawita dilaksanakan setiap bulan pada minggu ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *