Universitas Bhakti Kencana turut serta sebagai bagian dari kegiatan GERMAS

Universitas Bhakti Kencana turut serta sebagai bagian dari kegiatan GERMAS (Gerakan masyarakat Sehat) dengan tema ‘Keluarga Sehat Masyarakat Hebat’ yang dikelola oleh Puskesmas Cinambo bersama Kantor Kecamatan Cinambo yang berlokasi Jl. Cinambo No 56 (Kelurahan Pakemitan, Kota Bandung). Kegiatan GERMAS terdiri dari funwalk, lomba vocal group, lomba kreasi beas beureum, lomba mewarnai, pemeriksaan kesehatan, makan buah bersama, dan kegiatan giat ODF (Open defecation free) dan Kang Pisman. Kegiatan dihadiri oleh kelompok PKK (Pemberdayaan Kesehatan Keluarga) dari 4 kelurahan lebih dari 200 peserta. Kegiatan disponsori oleh beberapa perusahaan seperti Universitas Bhakti Kencana, BRI, Tupperware, Kalbe , Prodia, Indomaret dll.
Universitas Bhakti kencana mengirimkan 8 dosen dari Fakultas Farmasi, Fakultas keperawatan dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Dosen yang turut serta mengikuti semua rangkaian kegiatan terbagi kedalam beberapa tim yaitu tim farmasi, perawat dan kesehatan masyarakat.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Bapak Camat Kecamatan Cinambo, Drs.Dadang Iradi, M.Pd. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta yang antusias mengikuti kegiatan. Bapak Camat menginformasikan keberhasilan Puskemas Cinambo dalam memberdayakan masyarakat untuk sadar akan kesehatan, karena keluarga sehat akan menghasilkan masyarakat hebat. Tak lupa dalam pembukaan, Bapak Camat mengungkapkan program kerja kecamatan CInambo salah satunya adalah menjadikan kecamatan Cinambo pada tahun 2020 bisa mencapai 100% ODF. Acara pembukaan dimulai dengan acara makan buah Bersama antara masyarakat yang hadir dan panitia.

Team Farmasi terlibat kedalam informasi GEMA CERMAT (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat). Pada kegiatan GEMA CERMAT, apoteker menginformasikan mengenai beberapa tahapan 5 O dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara tepat dan benar, meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan memusnahkan obat secara tepat dan benar, dan meningkatkan penggunaan obat secara rasional. Gema Cermat tanya 5 0 meliputi : Obat ini apa nama dan kandungannya, Obat ini apa khasiat atau indikasinya?; Obat ini apa khasiat atau indikasinya?, Obat ini bagaimana cara menggunakannya? Dan Obat ini apa efek sampingnya?.

Team Keperawatan dan Ilmu Kesehatan terlibat dalam pemeriksaan kesehatan dan konseling gaya hidup. Pemeriksaan kesehatan meliputi pengecekan tekanan darah, pengukuran kadar gula darah, kolesterol dan asam urat. Hasil Pemeriksaan kesehatan ditindaklanjuti dengan pemberian konseling kesehatan terkait hasil dari pemeriksaan kesehatan. Masyarakat terlihat antusias dari semua kegiatan yang dilakukan.

Kepala Puskesmas Cinambo, drg. Natalina Ginting menyampaikan ucapan terima kasih atas sponsor dan bantuan tenaga kesehatan Universitas Bhakti Kencana yang telah mengikuti semua rangkaian kegiatan. Drg. Natalina berharap kerjasama yang semakin intens dengan Universitas Bhakti Kencana terutama yang bermanfaat untuk kedua belah pihak. Universitas Bhakti Kencana memperoleh sertifikat keikutsertaan dan semoga UBK bisa terus berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan sesuai dengan Visi misi Universitas Bhakti Kencana

Penulis : Dr. Yani Mulyani, M.Si Apt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *